KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PENGELOLAAN DIRI (SELF MANAGEMENT) UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX MTS ROUDLOTUL BANAT TAMAN

Muhammad Khoiruddin(1*),

(1) Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji keefektifan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik Kelas IX MTs Roudlotul Banat Taman sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.

Dalam penelitian berpendekatan kuantitatif ini, bila ditinjau dari quasi eksperimental designs, digunakan metode pengumpulan data dokumentasi dan angket. Dalam metode ini digunakan delaapan subjek untuk diamati dalam waktu tiga bulan. Delapan subjek itu masing-masing memiliki disiplin belajar yang rendah.

Data penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest yang dihitung menggunakan SPSS versi 25. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan penyebaran angket kepada kelompok yang memiliki disiplin belajar yang rendah, dan teknik analisis yang digunakan untuk mengukur pengujian data tersebut adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Sejalan dengan tujuan (1), hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik kelas IX MTs Roudlotul Banat Taman dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan rata-rata skor disiplin belajar dari sebelum Pretest mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self management adalah 81.5 dan setelah Posttest mengikuti layanan konseling kelompok dengan teknik self management meningkat menjadi 153.3 dengan skor peningkatan 71.87. Dari hasil uji-t menggunakan bantuan program SPSS versi 25, bahwa t adalah 16.655, Kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel df=7, dengan ketentuan thitung < ttabel 12.568. Sehingga teknik self management sangat efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik kelas IX MTs Roudlotul Banat Taman.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.59027/alisyraq.v6i3.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published by:
Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia
Islamic Guidance and Counseling Room, Faculty of Da'wah and Communication Building, First Floor, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia, Postal Code 55281

ISSN (p) : 2685-5453
ISSN (e) : 2685-8509

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.